1001 Fakta E-Commerce Indonesia

Dalam Sosial Media Line, saya mendapatkan informasi dari kakak tingkat saya di Polines. Informasi tersebut bisa menjadi acuan bagi kita untuk bisa bersaing dalam perkembangan industri online di Indonesia, Mau Tau ? Cek It Dot

Perkembangan dunia ecommerce di Indonesia saat ini bisa dibilang telah mencapai titik lepas landas. Edukasi ekosistem jual beli online yang dulu di tahun 2008 digagas kini sudah bisa menikmati hasil panen dengan ditandai beberapa perubahan nyata untuk menggunakan media online sebagai medium berjualan.

Saat ini kita sudah terbiasa melihat kerabat kita, keluarga, bahkan orang tua kita menggunakan smart phonenya untuk berbelanja barang kebutuhan sehari-hari. Membeli baju yang disukai pun sekarang bisa dimiliki dengan transaksi melalui ujung jari.

Lalu apa yang menjadi catatan dalam perjalanan bisnis ecommerce di Indonesia? Sahabat kami Galih Sedayu berbagi catatan dalam akun facebooknya berikut ini:

CEO Zalora, Frans Budi Pranata menulis hal ini pada bulan November 2015:

Pertumbuhan 4 tahun terakhir:

– Industri e-commerce tumbuh 500%
– blibli.com growth 700%
– lazada.com growth 600%
– samsung.com (sales Rp 40 triliun) growth 500% dalam 5 tahun terakhir

• Alibaba tiap hari 100 juta visitor, conversion rate 6%
• Orang indonesia rata-rata habiskan 5-6 jam online

Pemain besar bisnis online:
olx.co.id, lazada.com, zalora.com, traveloka.com, bukalapak.com, tokopedia.com, blibli.com, loketnesia.com, promonesia.com

Sales online :
• traveloka.com Rp 17 triliun
• tokopedia.com Rp 10 triliun

Forecast: Saat Ini sales online USD 10 miliar, di tahun 2020 menjadi USD 130 miliar

• Gojek modal awal Rp 5 miliar setelah 4 tahun valuasinya Rp 5.6 triliun
• Uber Taxi baru 5 tahun sudah eksis di 50 negara & valuasinya USD 51 billion
• Alibaba waktu IPO dpt dana USD 26 billion, dan valuasinya USD 225 billion

Jual-beli-sapi-online

Ecommerce growth 800%
• Orang Indonesia yang punya kartu kredit hanya 15 juta orang
• Yang punya rekening bank hanya 90 juta org
• 60% org Indonesia pegang cash
• UKM ada 55 juta, online baru 500.000
• 67% paling banyak dicari online adalah fashion
• Buku hanya 1.8% dicari di online
• Smart phone hanya 20% dicari di online
• WNI yang baca buku hanya 2-3 jt org

5 besar produk yg paling dicari
No 1 makanan
No 2 fashion
No 3 elektronik
No 4 travel
No 5 mobil
No 6 properti

Makanya ada go food, food panda, sangat menjanjikan.

Orang belanja online paling banyak
– Pas hari kerja
– Jam 10-12 am & 3-5 pm
– Female 70% belanja online
– Usia 18-35 th pareto 80%

Di online keys to success adalah
1. Traffic creation
2. Traffic conversion

Di Indonesia ada 100 juta org yg online via Facebook, Google & YouTube.

Berikut tadi fakta-fakta terkait dengan industri ecommerce di Indonesia. Anda harus bisa mengikuti kemajuan teknologi dan memanfaatkan media web dan media sosial untuk menjadikan usaha Anda bisa berkembang dengan cepat.

Semoga kita bisa bersaing lebih akurat lagi. Oh ya, bagi teman-teman yang mempunyai Impian Masa Depan, tapi belum berani mengutarakan kepada saudara, teman, orang tua atau yang lainya. Saya bersedia menjadi pendengar kalian. .. . .So, jangan ragu untuk membagi Impian Masa Depan Kepada Dunia !!!
Comments
0 Comments